Berlian, Si Batu yang Berharga

Namanya boleh “batu” tapi siapapun ngga akan nolak kalo ketimpuk “batu” yang satu ini. Tapi abis ketimpuk, batunya bisa jadi hak milik…wekekekeke….saya pun mau, ketimpuk sekali, dua kali, tiga kali, bahkan ratusan kali sampe kepala benjol…hehehhe. “Batu” yang satu ini istimewa soalnya, dan yang pasti mahal harganya.😀

Berlian menjadi istimewa karena terbentuk dari karbon murni, selama periode satu milyar tahun jauh di dalam bawah kerak bumi (sekitar 90 mil atau sekitar 150 km dalamnya). Berlian bisa terangkat ke permukaan melalui gunung berapi, dan sebagian besar ditemukan pada batu vulkanik atau terbawa oleh arus ombak. Kebanyakan berlian yang terdapat dialam berumur 1 sampai 3 milyar tahun, menakjubkan ya…

Ikatan atau link molekul karbon dalam berlian benar-benar teratur, yang membuat berlian sangat keras, non-volatile dan tahan terhadap serangan kimia. Walaupun batu berlian dikenal sebagai batu yang paling keras, batu kelahiran April ini juga sangat rapuh dan bisa hancur jika dipukul keras berulang kali dengan palu atau dengan kekuatan besar lainnya. Kata Berlian atau dalam bahasa Inggris disebut Diamond berasal dari bahasa Yunani “Adamas” atau “baja paling keras”.
Untuk mengenal si Berlian, ada beberapa hal yang perlu diketahui, yaitu Cut, Clarity, Color, Carat (4C)
CUT

Seluruh sisi berlian harus dipotong sedemikianrupa sehingga sisinya proporsional dan memantulkan kilau yang sempurna. Potongan berlian yang paling popular yaitu 58 segi (facet), karena potongan ini dihasilkan dari hitungan matematis yang akurat dan sempurna. Berlian yang memiliki potongan 58 facet akan terlihat cemerlang dan berkilau, karena cahaya akan masuk kedalam batu untuk kemudian direfleksikan keluar melalui puncak berlian. Jika potongan berlian tidak sempurna, maka berlian akan terlihat kusam, karena tidak mampu merefleksikan kembali cahaya yang masuk. Cutting detail berlian akan terdapat pada sertifikat berlian. Model potongan berlian yang saat ini dikenal ada 9, yaitu round, asscher, emerald, oval, marquise, pear, princess, radiant, dan heart.

CLARITY
Berlian mampu memancarkan cahaya ini, inilah salah satu yang menjadikannya sebagai batu yang sangat istimewa. Pancaran cahaya ini akan terlihat sangat indah terutama karena tingkat kebeningannya.

Berlian yang memiliki tingkat kebeningan yang tinggi adalah berlian yang bebas dari inklusi atau cacat. Inklusi terjadi karena proses alamiah. Inklusi umumnya sulit terlihat oleh mata telanjang, namun keberadaannya pada berlian akan mengurangi nilai berlian tersebut.
Inklusi dapat terlihat seperti titik atau noda pada berlian, titik ini sebenarnya bisa merupakan kandungan Kristal yang terperangkap dalam berlian, jika kandungan Kristal ini banyak dan menyebar dalam ukuran sangat kecil (micro) maka akan membentuk seperti kabut (cloud) dalam berlian. Kristal juga ada yang berbentuk seperti jarum (needle). Inklusi juga bisa berupa seperti retakan didalam berlian. Intinya siy, kalo ada inklusi berarti berlian tak tampak jernih sempurna…:D



Berlian FL, IF, VVS and VS adalah tipe yang sangat bagus kualitasnya, dengan tingkat inklusi rendah tentunya. Jadi kalo ada berlian yang didiskon, hati-hati, kemungkinan karena berlian itu adalah yang memiliki tingkat inklusi tinggi.
COLOR
Berlian mempunyai tingkatan warna yang cukup banyak, mulai putih bening (tidak berwarna) hingga kuning terang. Tingkatan warna ini dilambangkan dengan skala, yaitu D – Z (tidak berwarna – kuning terang) dan Z+ yaitu berlian yang berwarna warni yaitu merah, hijau, biru. Berlian skala Z+ biasa disebut dengan berlian fancy.

Tentunya untuk membedakan warna pada berlian dengan skala D – Z diperlukan mata yang terlatih karena tingkat gradasi warnanya sangat tipis bedanya. Harga berlian dengan skala D – F yaitu tidak berwarna dan bening adalah yang paling mahal. Berlian yang tidak berwarna sebaiknya dipasangkan dengan logam putih juga, misalnya platina, sehingga berlian dapat memancarkan warna indahnya secara maksimal. Sedangkan untuk logam seperti emas, disarankan untuk memakai berlian yang berwarna kuning, sehingga refleksinya akan saling menguatkan.
CARAT
Carat atau karat adalah satuan ukuran berat berlian. Satu karat setara dengan 0,2gram, wuuiih…saking berharganya batu ini, satuan ukurannya sampai kesatuan yang kecil banget ya…Semakin besar karatnya maka semakin mahal pula harganya. Tapi bukan berarti 2 berlian bernilai 1 karat sama harganya dengan 1 berlian bernilai 2 karat. Hal ini karena berlian sangat jarang dijumpai dalam ukuran besar, jadi tentunya 1 berlian dengan nilai karat yang tinggi akan lebih berharga ketimbang banyak berlian dengan nilai karat yang rendah.
Pada berlian dengan model potongan round brilliant, nilai karat bisa diperkirakan daridiameter batu tersebut, karena model ini mengikuti standar yang tepat. Metode ini tak dapat diterapkan pada berlian dengan model potongan yang lain.

Hmmm…gimana gimana?? Ternyata untuk tahu batu berlian itu baik atau tidak, banyak yang mesti dilihat. Ya iyalah ya…makanya batu ini mahal banget harganya, susah dicarinya, proses bermilyar tahun lamanya, dan yang pastinya cocok banget dijadikan tanda cinta untuk orang-orang terkasih, karena berlian adalah abadi (hehehhe jargonnya siapa ya…).
Oh iya, sedikit tips untuk merawat berlian:
1.      Simpanlah berlian dengan pembungkus kain halus.
2.      Lepas berlian saat melakukan aktifitas yang “sedikit ekstrim” seperti melakukan pekerjaan rumah (cuci, masak, bebenah), manicure, berenang dll.
3.      Pakai berlian setelah mengoleskan lotion, menyemprot parfum atau hairspray, karena jika terkena zat kimia, warna berlian akan pudar.
4.      Rendam berlian dalam larutan ammonia dicampur 1 gelas air hangat selama 20menit, sikat dengan sikat gigi lembutdan keringkan dengan kain lembut. Mudahnya siy percayakan saja perawatannya selama 6 bulan sekali pada ahlinya (ditoko berlian).
Okey deh…semoga bermanfaat…:D

Dari berbagai sumber
Gambar: googleimages

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s